Login

Welcome to Computek

~ Computer and Technology ~

Peduli Data

Posted by Admin 10.04, under | 3 comments



Suatu ketika saya sedang mencari tugas tentang vb.net, lalu saya melakukan pencarian menggunakan search engine milik google! Saya hendak mengetikan kata “membuat tampilan jam dalam vb.net”, pencarian cukup relatif cepat. Satu persatu link yang ada saya buka, tetapi saya mulai agak heran “kenapa yah ko hasil yang saya dapatkan hampir semuanya mirip??”, dan saya langsung berkesimpulan bahwa yang mempostinya hanyalah copy n paste dari salah satu sumber yang terpercaya atau mungkin tidak terbukti kebenarannya!
Berkaitan dengan kampanye peduli data saat ini, menurut penelitian  ternyata di dunia maya banyak sampah berupa data yang mirip dan jumlahanya sangat banyak! Hal ini tentunya sangat merugikan bukan! apalagi sumber yang kita cari belum tentu benarannya. Banyak pengguna blog dan wordpress yang melakukan copy n paste untuk membuat post, tanpa menyelipkan link sumber data yang diperoleh. Menurut saya boleh saja kita copy n paste, tapi setidaknya kita melakukan sentuhan ulang didalamnya atau bahasa kerennya edit. Hal ini pernah di bahas oleh salah satu dosen mikroprosesor saya yang mengatakan “berawal dari edit, kemudian anda boleh berkreasi sesuka anda” tentunya kalimat tersebut memiliki makna belajar dari edit, pahami, dan kreasikan dalam menyajikannya!
Data sendiri menurut saya sangat penting, terlebih data yang akurat! Untuk itu saya menghibau kepada teman-teman untuk peduli terhadap data, dan menghetikan kegiatan copy n paste dalam memposting didunia maya.

3 comments:

pertama Saya akan mengomentari topik pembahasannya,. menurut Saya mengapa banyak terjadi informasi yang bentuk dan dalam bentuk penulisan kata-katanya itu sama adalah karena kurang kreatfitas dan kemauan dari para pengguna internet,. harusnya internet menjadikan media informasi yang beragam bukan seragam,.dengan banyaknya informasi yang beragam akan semakin menjadikan internet itu menarik. Data yang ada pun akan jauh lebih bermanfaat dan berkembang.

Dari segi penulisannya, Anda bisa memperhatikan penulisannya,. sehingga bisa untuk dikoreksi terlebih dahulu sebelum di publish,. terima kasih

ry

copas??
mungkin lebih ke menyebarkan informasi yang sudah ada.
bukan sesuatu yang ingin dibuat.

mnurut saya sih itu resiko klo publish ke world wide (bahasa sundanya >> dunia maya hehehe..)
contohnya udah banyak, bisa ganteng kaya momo klo disebutin satu persatu di sini. hahhaa..
intinya gw setuju sama agan ruvinus untuk mengedit dulu klo ingin mengambil hasil karya penulisan orang lain..
sebenarnya sulit, tapi untuk mengatasinya.. tinggal dijadikan image aja.. (.png|.jpg|dan lain") sehingga ga bisa di-copy.. hahaha.. XD

Posting Komentar