Login

Welcome to Computek

~ Computer and Technology ~

Sarjana Teknik Informatika

Posted by Admin 08.43, under | 2 comments


Apa yang harus dilakukan setelah anda lulus dari bangku kuliah? Lulus perguruan tinggi adalah pengalaman yang sangat berharga dan memuaskan, namun ketika memutuskan apa yang akan anda lakukan setelah kuliah, membuat kebahagiaan itu berubah menjadi kecemasan.
Berikut ini adalah beberapa pilihan  saya yang mungkin menjadi gambaran bagi anda setelah lulus kuliah. Mari kita simak!

Karir
Tentu saja pilihan yang paling jelas untuk menempatkan gelar sarjana saya adalah diterima bekerja di bidang pilihan saya yaitu Teknik Informatika dan khususnya di bidang jaringan, karena saya sangat senang sekali dengan jaringan dari cisco. Memasuki jenjang karir setelah lulus memiliki banyak manfaat, tidak sedikit yang mendapatkan penghasilan tetap. Manfaat lainnya, saya akan memiliki pengalaman kerja yang dapat membantu kemajuan karir dan membangun jaringan dalam bidang karir saya.
Langsung berhasil mendapatkan pekerjaan mungkin saja bisa sulit bagi beberapa orang, tetapi jangan patah semangat karena itu. Dalam mencari pekerjaan, pastikan memiliki kontak atau informasi seputar pekerjaan yang di inginkan.
Bila ada, baiknya perlu mengontak bagian karir dari perguruan tinggi, serta mendaftar dengan agen perekrutan dan situs karir. Selain itu, ada beberapa poin yang sangat dianjurkan, yaitu jadilah orang yang ahli dalam menulis resume dan keterampilan wawancara.

Sekolah Pascasarjana
Melanjutkan studi di sekolah pascasarjana adalah jalan lain yang juga bisa dipilih setelah kuliah. Memilih melanjutkan sekolah pascasarjana untuk menyelesaikan gelar S2, secara signifikan dapat meningkatkan peluang saya untuk memperoleh karir sesuai profesi pilihan saya.
Sebuah studi menunjukkan, pekerja dengan gelar lanjutan seperti S2 mendapatkan gaji lebih per tahun dibandingkan pekerja dengan gelar sarjana. Ada sedikit keraguan bahwa gelar lanjutan ini lebih mudah, karena sekarang pasar kerja lebih kompetitif, faktor-faktor seperti biaya tambahan dan waktu perlu dipertimbangkan. Banyak ahli juga berpendapat, ketika  memiliki gelar lanjutan seperti S2, namun tidak memiliki pengalaman, maka akan menjadi pertimbangan lagi oleh perusahaan.

Ini hanya dua pilihan yang akan saya ambil setelah menjadi sarjana strata satu. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin anda juga perlu mendapatkan masukkan dari anggota keluarga, teman, dan rekan anda lainnya untuk memutuskan hal terpenting dalam hidup anda.

2 comments:

Jangan lupa selain melanjutkan S2 Cisconya juga perlu di tingkatkan..ke level CCNA Security, dan CCNA Wireless kemudian CCNP dan yang lebih tinggi ke level CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert) :).jangan hanya dari segi pendidikan saja..tapi keahlian juga sangat penting walaupun hanya sebagai nilai tambah. dan di percaya dapat mampu dan setingkat Internasional

sukses ya.. semoga menjadi lulusan s2-nya tercapai..
semangka.. semangat kaka.. ^o^

Posting Komentar