Login

Welcome to Computek

~ Computer and Technology ~

Harapan di balik kemajuan teknologi

Posted by Admin 08.21, under | 1 comment

pertumbuhan teknologi informasi yang terus berkrmbang saat ini sangatlah cepat. dibalik hal itu semua tersimpanlah sebuah tujuan dan harapan di setiap perkembangan yang ada. Berbicara mengenai harapan, saya sebagai mahasiswa dari Sekolah Tinggi Teknologi I-Tech tentunya punya harapan besar terhadap system informasi nasional yang ada saat ini. Saya fikir seharusnya sitem informasi nasional kita memiliki tempat atau resource yang terpusat, dalam hal ini mengenai data kependudukan kita haruslah berada disimpan disuatu tempat sebut saja pusat data, dimana pusat data ini terintegrasi dengan semua sumber –sumber data yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari.
Misal ada seorang yang hendak memesan makana cepat saji. Pertama kali yang ditanyakan oleh operator call centernya adalah nomor induk kependudukan beserta nama. Setelah pemesan memberikan nomor induk kependudukannya, lalu operator mengecek ke pusat data apakah benar datanya valid atau tidak. Bila valid proses pemesanan akan berlanjut dan dari pusat data itu operator tidak perlu lagi menanyakan alamat pemesan karena sudah ada di pusat data. Namun pemesan hendak menanyakan tentang tagihal listriknya bulan ini, dengan sigap operator mencari data yang di request oleh pemesan dengan keyword alamat sebagai patokan untuk mencari data di sumber data. Alhasil dalam hitungan detik data yang diminta akhirnya tertera di layar computer sang operator, dan tagihan bulan listrik bulan ini adalah Rp 350.000.
Melihat hal diatas tetntunya sangat membantu bagi masyarakat kita secara umum. Mungkin itu semua bukan hanya sekedar harapan saja, tetapi dapat di implementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari!

1 comments:

Pusat Datanya ada di mana yah??? di Gedung Cyber atau buat Super Komputer sendiri (Data Center)?? katakanlah Gedung Cyber terbakar.lalu bagaimana dengan system BackUpnya??

Posting Komentar